Jl. Olah Raga No 56 Rt 08 Rw 02 Campurejo Panceng Gresik 61156 Telp. 031-3948674

Profil

About MA. Tawon- Pada dasarnya kalian pasti ada yang tidak mengetahui, kenapa web site ini namanya MA-Tawon.blogspot.com. Nah, kata TAWON ini diambil dari nama sekolah, yaitu Tarbiyatul Wathon ( Kata TA- yaitu diambil dari sebagian kata dari tarbiyatul dan kata WON- yaitu diambil dari sebagian kata dari wathon, maka terciptalah sebuah nama, yaitu TAWON ) sekarang nama tawon telah melekat pada sekolah kita yang sekarang tawon sudah menjadi maskot sekolah kita.
web side ini sengaja dibuat ketika ada lomba membuat membuat web side yang diadakan oleh STAIDRA.



Semoga dengan web site ini bisa mengangkat nama sekolah kita menjadi yang terbaik dari yang terbaik.
AMMIIIIN....!



SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA TARBIYATUL WATHON


Kantor Tarbiyatul Wathon
Pengembangan penyiaran agama Islam di masyarakat Desa Campurejo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik dan Desa sekitarnya di kawasan Pantura (Pantai Utara) Kebupaten Gresik belahan utara bagian barat yang berbatasan dengan Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan sekaligus merupakan kawasan obyek pengembangan dan perkembangan Agama Islam yang dimotori oleh Baginda Raden Qosim (Kanjeng Sunan Drajat).
Berdirinya Madrasah Tarbiyatul Wathon bermula sebagai wahana pewaris tokoh-tokoh agama Islam di Desa Campurejo yang dimotori oleh keluarga Bapak H. Ihsan, Bapak H. Ro’yuddin dan Bapak H. Abdul Fattah, beliau mampu menciptakan kader-kader orang islam yang militan melalui putra-putranya yang berhasil menamatkan pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Tambak Beras Jombang, Langitan Tuban, dan Al Karimi Tebuwung Gresik pada tahun 1940-an.
Meskipun pada awalnya dalam situasi yang kurang kondusif akibat ulah penjajah dalam pra kemerdekaan Republik Indonesia dan melalui perjuangan yang tidak mengenal lelah, maka munculah dua bersaudara yang merupakan sosok kader orang Islam yang militan yaitu K. Ahmad Zain Thoha dan Bapak K. Zawawi Thoha serta dibantu oleh tokoh-tokoh yang lain mampu menghimpun suatu kegiatan belajar mengajar ilmu agama Islam yang ditempatkan dalam Mushallah Al Inayah yang terletak di dekat Pasar Tradisional Desa Campurejo, dalam beberapa tahun kemudian perkembangan pendidikan agama tersebut semakin meningkat seiring bertambahnya para santri yang mengikuti pendidikan agama Islam tersebut sehingga daya tampung Mushalla Al Inayah tidak mampu menampung para santri tersebut. Maka bermodal sebidang tanah milik Bapak H. Ro’yuddin dan tanah GG (Tanah Milik Desa) yang diberikan untuk kegiatan pendidikan agama Islam yang terletak di sébelah selatan Desa Campurejo selanjutnya dibangunlah sebuah gedung Madrasah yang diberi nama “ Madrasah Tarbiyatul Wathon”
Sejak itu berdirilah lembaga Pendidikan Madrasah Ibtida’iyah Tarbiyatul Wathon pada tahun 1950 lalu kemudian Lembaga Taman Kanak-kanak Tarbiyatul Wathon pada tahun 1969, kemudian Lembaga Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Wathon pada tahun 1972, selanjutnya Lembaga Pendidikan Madrasah Aliyah Tarbiyatul Wathon 1981, selanjutnya Lembaga Pendidikan Madrasah Diniyah Tarbiyatul Wathon pada tahun 1991, selanjutnya seiring dengan berjalanya waktu yang relatif lama munculah suatu ide dari sebagian Guru agar di lembaga pendidikan Tarbiyatul Wathon didirikan Yayasan, dengan adanya ide tersebut secara spontan Dewan Pengurus Madrasah Tarbiyatul Wathon mengadakan rapat yang membahas rencana mendirikan Yayasan yang ada di Lembaga Pendidikan Tarbiyatul Wathon yang selanjutnya hasil dari rapat tersebut setuju mengenai usulan mendirikan yayasan,  yang pada akhirnya berdirilah suatu Yayasan yang diberi nama “Yayasan Tarbiyatul Wathon Gresik” pada tahun 2008.
Mengingat berbagai pertimbangan di atas, maka masyarakat Desa Campurejo bertekad dengan bulat mengembangkan potensi yang ada dalam lembaga pendidikan Tarbiyatul Wathon Desa Campurejo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik sebagai wujud tanggung jawab moral dalam memberikan bimbingan dan pembinaan ilmu agama Islam kepada para generasi muda, agar menjadi generasi yang bermutu tinggi baik tentang ilmu umum maupun agama serta berakhlaqul karimah.
Dalam rangka usaha untuk meningkatkan prestasi siswa dan kenyamanan siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif, menyenangkan serta kondusif dalam menerapkan satu metode pembelajaran, diperlukan sarana dan prasarana yang memadai terutama bangunan gedung dan kelas yang nyaman, representatif dan ideal.
Comments
0 Comments