Jl. Olah Raga No 56 Rt 08 Rw 02 Campurejo Panceng Gresik 61156 Telp. 031-3948674

Visi & Misi

VISI DAN MISI
MA. TARBIYATUL WATHON
CAMPUREJO PANCENG GRESIK


1.      Visi Madrasah
Visi Madrasah ini, Terwujudnya lulusan madrasah yang unggul dalam IMTAQ, berakhlaqul karimah serta memiliki daya saing dalam bidang IPTEK.

Indikator-indikatornya adalah :
a.      Beriman, bertaqwa, berilmu, beramal sholeh dan berakhlak mulia.
b.      Unggul di bidang IPTEK, keterampilan, olahraga, seni dan budaya.
c.      Unggul dalam menata lingkungan madrasah yang ramah, aman, nyaman, indah, rindang dan kondusif untuk belajar
d.      Mendapatkan kepercayaan dari masyarakat

2.      Misi Madrasah
Untuk mewujudkan visi, madrasah ini memiliki misi, sebagai berikut :
a.      Memantapkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta berakhlaquk karimah
b.      Menumbuhkan kasadaran dalam melaksanakan nilai-nilai keislaman pada kehidupan sehari hari yang berpijak pada ajaran ahlussunnah wal jama’ah.
c.      Menanamkan nilai-nilai budi pekerti dan nilai-nilai luhur bangsa, baik di madrasah, di rumah, maupun di masyarakat
d.      Mengembangkan dan melaksanakan kurikulum yang berkarakter Islami berdasarkan standar isi dan Standar Kompetensi lulusan
e.      Menyelenggarakan pembelajaran yang mendorong siswa berprestasi, disiplin, berakhlak mulia, memiliki etos kerja tinggi, kreatif, kritis, dan bertanggung jawab
f.       Mengembangkan proses pembelajaran yang produktif, inovatif, kreatif, evektif dan menyenangkan.
g.      Memberi kesempatan pada siswa untuk mengembangkan potensi dan bakat melalui
kegiatan intra dan ekstra-kurikuler.
h.      Menyiapkan peserta didik untuk berkompetisi di era global.
i.        Meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan kependidkan sesuai dengan standar pendidik dan kependidikan
j.        Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikn sesuai dengan standar nasional.
k.      Menyelenggarakan manajemen dengan menerapkan prinsip kemandirian, partisipasi, kemitraan, transparansi, dan akuntabilitas.
l.        Melaksanakan koordinasi dan kerja sama yang baik dengan semua stake holder berdasarkan prinsip transparansi dan akuntabilitas
m.    Menciptakan iklim yang kondusif untuk terlaksananya tugas pokok dan fungsi dari masing-masing komponen madrasah (kepala madrasah, guru, karyawan, dan siswa) Madrasah Aliyah Tarbiyatul Wathon.
n.      Melaksanakan segala ketentuan yang mengatur operasional madrasah, baik tata tertib kepegawaian maupun kesiswaan.

3.      Tujuan Madrasah
Berdasarkan visi dan misi madrasah, tujuan yang hendak dicapai adalah sebagai berikut :
I.              Tahap I (Tahun Pelajaran 2011-2013)
a.      Mewujudkan Siswa yang memiliki keimanan dan ketaqwaan yang kuat, taat dalam melaksanakan ibadah berdasar pada ajaran ahlusunnah wal jama’ah serta berprilaku akhlaqul karimah.
b.      Meningkatkan budaya 5 S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun )
c.      Memiliki perangkat pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan SI dan Standar Proses serta berwawasan karakter.
d.      Madrasah mengembangkan PAKEM/CTL 100% untuk semua matapelajaran.
e.      Meningkatkan nilai UN tiap tahun minimal +1,5
f.       Meningkatkan jumlah siswa baru - + 50 %
g.      Meningkatkan pembinaan kegiatan ekstrakulikuler
h.      Memiliki berbagai tim di antaranya Olimpiade Matematika, Olimpiade Fisika, bahasa Inggris, bahasa Arab, Sastra, Olah raga dan kesenian yang menjadi juara di tingkat regional maupun nasional.
i.        Mengembangkan berbagai wadah/program penghayatan dan pengamalan agama.
j.        Mewujudkan sarana dan prasarana berstandar nasional
k.      Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
l.        Memiliki 90% tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional.
m.    Mewujudkan lulusan yang mampu mengaplikasikan IT
n.      Masing-masing komponen madrasah (kepala madrasah, guru, karyawan, dan siswa) melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dengan baik.
o.      Sumber daya manusia (SDM) di MA. Tarbiyatul Wathon Campurejo (Kepala Madrasah, guru, karyawan, dan siswa) yang mampu memenangkan kompetisi dalam kegiatan akademik dan nonakademik secara nasional.

II.           Tahap II (Tahun Pelajaran 2013-2015)
a.      Mewujudkan sarana ibadah yang memadai
b.      Menjalin kerja sama dengan berbagai inststansi dalam mengembangkan life skill dan ketrampilan entrepreneur
c.      Mengembangkan life skill dan ketrampilan entrepreneur
d.      Meningkatkan kegiatan sosial kemasyarakatan
e.      Mewujudkan siswa yang mampu berprestasi di tingkat nasionaldalam bidang IPTEK, Olah raga dan seni
f.       Mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan yang professional
g.      Mewujudkan standar penilaian pendidikan sesuai dengan pp no 19 tahun 2005 pasal 63
h.      Menjadikan madrasah sebagai pilihan dalam melanjutkan pendidikan lebih tinggi
4.      Target
Target penyelenggaraan pembelajaran di MA Tarbiyatul Wathon adalah :
1)        Terwujudnya Siswa yang memiliki keimanan dan ketaqwaan yang kuat, taat dalam melaksanakan ibadah berdasar pada ajaran ahlusunnah wal jama’ah serta berprilaku akhlaqul karimah.
2)        Terciptanya budaya budaya 5 S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun)
3)        Terwujudnya Pembelajaran PAKEM/CTL untuk semua matapelajaran.
4)        Peserta Ujian Nasional lulus 100% dengan nilai rata-rata 6,5
5)        Menigkatnya jumlah peserta didik didik baru
6)        Meningkatnya jumlah peserta didik yang mendaftar dan diterima di Perguruan  tinggi Negeri dan terakreditasi
7)        Memiliki 90% tenaga pendidik dan kependidikan yang professional
8)        Memiliki berbagai tim di antaranya Olimpiade Matematika, Olimpiade Fisika,Olimpiade Kimia, bahasa Inggris, bahasa Arab, Sastra, Olah raga dan  kesenian yang menjadi juara di  tingkat kabupaten maupun nasional.
9)        Terwujudnya sarana dan prasarana berstandar nasional
10)   Terwujudnya tempat ibadah ( Mushollah madrasah )
11)   Terwujudnya lulusan yang dapat menaplikasikan TI
12)   Terciptanya lingkungan yang islami.
13)   Terjalinnya kerja sama dengan berbagai inststansi dalam mengembangkan life skill dan ketrampilan entrepreneur
14)   Meningkatnya kompetensi tenaga kependidikan dengan mengikutsertakan secara aktif dalam pelatihan, lokakarya/seminar dan MGMP.
15)   Memberikan layanan bimbingan pada siswa yang mengalami kesulitan :
a.      Belajar
b.      Masalah Pribadi
c.      Masalah Sosial
d.      Pendididkan tingkat lanjut
16)   Terciptanya kehidupan yang religius di lingkungan madrasah.


Comments
0 Comments