VISI DAN MISI
MA. TARBIYATUL WATHON
CAMPUREJO PANCENG GRESIK
1.
Visi
Madrasah
Visi
Madrasah ini, Terwujudnya lulusan madrasah yang unggul dalam IMTAQ, berakhlaqul
karimah serta memiliki daya saing dalam bidang IPTEK.
Indikator-indikatornya
adalah :
a. Beriman,
bertaqwa, berilmu, beramal sholeh dan berakhlak mulia.
b. Unggul di bidang
IPTEK, keterampilan, olahraga, seni dan budaya.
c. Unggul dalam
menata lingkungan madrasah yang ramah, aman, nyaman, indah, rindang dan kondusif
untuk belajar
d. Mendapatkan
kepercayaan dari masyarakat
2.
Misi
Madrasah
Untuk
mewujudkan visi, madrasah ini memiliki misi, sebagai berikut :
a. Memantapkan
keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta berakhlaquk karimah
b. Menumbuhkan
kasadaran dalam melaksanakan nilai-nilai keislaman pada kehidupan sehari hari
yang berpijak pada ajaran ahlussunnah wal jama’ah.
c. Menanamkan
nilai-nilai budi pekerti dan nilai-nilai luhur bangsa, baik di madrasah, di
rumah, maupun di masyarakat
d. Mengembangkan
dan melaksanakan kurikulum yang berkarakter Islami berdasarkan standar isi dan
Standar Kompetensi lulusan
e. Menyelenggarakan
pembelajaran yang mendorong siswa berprestasi, disiplin, berakhlak mulia,
memiliki etos kerja tinggi, kreatif, kritis, dan bertanggung jawab
f. Mengembangkan
proses pembelajaran yang produktif, inovatif, kreatif, evektif dan menyenangkan.
g. Memberi
kesempatan pada siswa untuk mengembangkan potensi dan bakat melalui
kegiatan intra dan ekstra-kurikuler.
kegiatan intra dan ekstra-kurikuler.
h. Menyiapkan
peserta didik untuk berkompetisi di era global.
i.
Meningkatkan
kualitas tenaga pendidik dan kependidkan sesuai dengan standar pendidik dan
kependidikan
j.
Meningkatkan
sarana dan prasarana pendidikn sesuai dengan standar nasional.
k. Menyelenggarakan
manajemen dengan menerapkan prinsip kemandirian, partisipasi, kemitraan,
transparansi, dan akuntabilitas.
l.
Melaksanakan
koordinasi dan kerja sama yang baik dengan semua stake holder berdasarkan prinsip
transparansi dan akuntabilitas
m. Menciptakan
iklim yang kondusif untuk terlaksananya tugas pokok dan fungsi dari masing-masing
komponen madrasah (kepala madrasah, guru, karyawan, dan siswa) Madrasah Aliyah
Tarbiyatul Wathon.
n. Melaksanakan
segala ketentuan yang mengatur operasional madrasah, baik tata tertib kepegawaian
maupun kesiswaan.
3.
Tujuan
Madrasah
Berdasarkan
visi dan misi madrasah, tujuan yang hendak dicapai adalah sebagai berikut :
I.
Tahap
I (Tahun Pelajaran 2011-2013)
a.
Mewujudkan
Siswa yang memiliki keimanan dan ketaqwaan yang kuat, taat dalam melaksanakan
ibadah berdasar pada ajaran ahlusunnah wal jama’ah serta berprilaku akhlaqul karimah.
b.
Meningkatkan
budaya 5 S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun )
c.
Memiliki
perangkat pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan SI dan Standar Proses serta berwawasan
karakter.
d.
Madrasah
mengembangkan PAKEM/CTL 100% untuk semua matapelajaran.
e.
Meningkatkan
nilai UN tiap tahun minimal +1,5
f.
Meningkatkan
jumlah siswa baru - + 50 %
g.
Meningkatkan
pembinaan kegiatan ekstrakulikuler
h.
Memiliki
berbagai tim di antaranya Olimpiade Matematika, Olimpiade Fisika, bahasa
Inggris, bahasa Arab, Sastra, Olah raga dan kesenian yang menjadi juara di
tingkat regional maupun nasional.
i.
Mengembangkan
berbagai wadah/program penghayatan dan pengamalan agama.
j.
Mewujudkan
sarana dan prasarana berstandar nasional
k.
Meningkatkan
kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
l.
Memiliki
90% tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional.
m.
Mewujudkan
lulusan yang mampu mengaplikasikan IT
n.
Masing-masing
komponen madrasah (kepala madrasah, guru, karyawan, dan siswa) melaksanakan
Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dengan baik.
o.
Sumber
daya manusia (SDM) di MA. Tarbiyatul Wathon Campurejo (Kepala Madrasah, guru, karyawan,
dan siswa) yang mampu memenangkan kompetisi dalam kegiatan akademik dan nonakademik
secara nasional.
II.
Tahap
II (Tahun Pelajaran 2013-2015)
a.
Mewujudkan
sarana ibadah yang memadai
b.
Menjalin
kerja sama dengan berbagai inststansi dalam mengembangkan life skill dan ketrampilan
entrepreneur
c.
Mengembangkan
life skill dan ketrampilan entrepreneur
d.
Meningkatkan
kegiatan sosial kemasyarakatan
e.
Mewujudkan
siswa yang mampu berprestasi di tingkat nasionaldalam bidang IPTEK, Olah raga
dan seni
f.
Mewujudkan
tenaga pendidik dan kependidikan yang professional
g.
Mewujudkan
standar penilaian pendidikan sesuai dengan pp no 19 tahun 2005 pasal 63
h.
Menjadikan
madrasah sebagai pilihan dalam melanjutkan pendidikan lebih tinggi
4.
Target
Target
penyelenggaraan pembelajaran di MA Tarbiyatul Wathon adalah :
1)
Terwujudnya
Siswa yang memiliki keimanan dan ketaqwaan yang kuat, taat dalam melaksanakan
ibadah berdasar pada ajaran ahlusunnah wal jama’ah serta berprilaku akhlaqul karimah.
2)
Terciptanya
budaya budaya 5 S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun)
3)
Terwujudnya
Pembelajaran PAKEM/CTL untuk semua matapelajaran.
4)
Peserta
Ujian Nasional lulus 100% dengan nilai rata-rata 6,5
5)
Menigkatnya
jumlah peserta didik didik baru
6)
Meningkatnya
jumlah peserta didik yang mendaftar dan diterima di Perguruan tinggi Negeri dan
terakreditasi
7)
Memiliki
90% tenaga pendidik dan kependidikan yang professional
8)
Memiliki
berbagai tim di antaranya Olimpiade Matematika, Olimpiade Fisika,Olimpiade Kimia,
bahasa Inggris, bahasa Arab, Sastra, Olah raga dan kesenian yang menjadi juara
di tingkat kabupaten maupun nasional.
9)
Terwujudnya
sarana dan prasarana berstandar nasional
10)
Terwujudnya
tempat ibadah ( Mushollah madrasah )
11)
Terwujudnya
lulusan yang dapat menaplikasikan TI
12)
Terciptanya
lingkungan yang islami.
13)
Terjalinnya
kerja sama dengan berbagai inststansi dalam mengembangkan life skill dan ketrampilan
entrepreneur
14)
Meningkatnya
kompetensi tenaga kependidikan dengan mengikutsertakan secara aktif dalam
pelatihan, lokakarya/seminar dan MGMP.
15)
Memberikan
layanan bimbingan pada siswa yang mengalami kesulitan :
a.
Belajar
b.
Masalah
Pribadi
c.
Masalah
Sosial
d.
Pendididkan
tingkat lanjut
16)
Terciptanya
kehidupan yang religius di lingkungan madrasah.